Pemerintah Larang Orang Asing Jadi Pekerja Kasar di RI

Kementerian bagian Ketenagakerjaan telah menyatakan bahwa pekerja asing yang ingin melakukan kerja kasar tetap tak boleh bekerja di Indonesia. Pekerja asing yang boleh bekerja di Indonesia hanyalah pekerja asing yang memiliki keterampilan saja. Menteri bagian Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menegaskan bahwa, pekerja kasar asing yang bekerja di negara Indonesia merupakan sebuah pelanggaran.

Maka, dia mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan tindakan yang tegas jika terbukti adanya pekerja kasar asing yang berada di Indonesia. “Pekerja kasar dari negara asing tidak boleh dan jika ada maka sudah pasti merupakan pelanggaran hukum. Kalau ada pelanggaran ya jelas harus ditindak, termasuk tindakan deportasi langsung ” kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta pada hari Minggu  tanggal 18 Juli 2016. Dia menerangkan bahwa, pekerja asing yang bekerja di Indonesia diharuskan lolos kualifikasi seperti kompetensi tentang skill, pendidikan sesuai jabatan, pengalaman kerja, dan mesti memenuhi syarat syarat administrasi yang ada.

Dia menambahkan, perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing pun diharuskan untuk membayar dana kompensasi. “Perusahaan pengguna pekerja dari negara asing pun wajib membayar dana kompensasi penggunaan TKI sebesar US$ 100 per orang per 1 bulan dan dana tersebut langsung saja disetorkan ke kas negara melalui bank yang telah disediakan,” ujar dia.

Dia menegaskan, pekerja asing yang telah bekerja di Indonesia tetap saja dikendalikan oleh pemerintah melalui perizinan dan syarat masuk seperti izin kerja dan izin tinggal. Semua perusahaan itu harusnya diperiksa sebelum pekerja asing itu masuk ke Indonesia dan harus diurus perusahaan bukan hanya di urus oleh individu. “Tak benar jika Indonesia bebas bagi pekerja negara asing karena untuk menjadi pekerja di Indonesia sangat diperlukannya syarat cukup ketat, “ jelas dia.

Mungkin perlu juag bagi kita kadang satu atau dua kali mengerti tentang pemerintahan agar lebih dapat mengerti situasi yang ada di negara kita maupun situasi yang ada di negara lain dengan lebih detail, bukan hanya kita membuka hp untuk sekedar bermain game atau menggosip ria dengan teman kita, atau bahkan menjadi stalker sekitar kita. Tetapi ada baiknya sekali dua kali kita membaca berita, seperti misalnya berita yang baru-baru ini mengenai game yang ada di smartphone kita, ya Pokemon Go yang cukup mengacaukan dan para pemainnya memenuhi ruang jalan raya akhir-akhir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *