TUGU YOGYAKARTA

Merupakan salah satu bidang pelajaran yang akan kita pelajari sejak dini, bahkan sejak kita belum menginjakan kaki di sekolahpun yang namanya pelajaran sejarah memang sudah ada di dalam kehidupan kita.

Kita mengenal sejarah pada saat kecil melalui cerita yang biasa di ceritakan orang di sekitar kita, entah itu orang tua kita, saudara, bahkan teman main kita. Misal saja saat kita belajar di sekolah, mulai dari kita di Sekolah Dasar kita mengenal yang namanya mata pelajaran Sejara bukan.

Baik itu di kota manapun, kebanyakan dari pelajaran sejarah akan sama bobot pelajarannya maupun isinya, hanya saja mungkin di beberapa kota akan ada sejarah tentang kota masing-masing, atau bangunan apa yang terkenal dan memiliki nilai-nilai budaya di sana. Nah misalnya seperti di daerah Istimewa Yogykakarta sendiri. Tentunya tidak ada kan pelajaran bagaimana menjadi agen sabung ayam, hihihi..

Membahas mengenai tugu Yogyakarta sendiri, sebenarnya pengertian dari tugu yakni sebuah pilar atau tiang yang berdiameter besar dan biasanya tinggi besar dimana kadang ada yang terbuat dari batu, bata, dan lainnya. Tugu biasanya berfungsi atau di buat untuk memperingati suatu kejadian sejarah.

Untuk tugu yang ada di Yogyakarta memang merupakan salah satu monumen yang di pakai sebagai salah satu simbol dan lambang kota Yogyakarta itu sendiri. Sejarah pembangunan tugu di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri didirikan oleh Sultan Hamengkubuwana I (dibaca : Hamengkubuwono Pertama), dimana beliau juga merupakan pendiri pertama keraton Yogyakarta yang hingga sekarang masih ada tersebut.

Tugu Jogja ini sendiri berletak di perempatan Jalan Jendral Sudirman, jalan Margo Utomo dan Mangkubumi, dimana bila kita memasuki Mangkubumi dan terus ke selatan kita akan menemukan Alun-Alun Utara dan Kraton Yogyakarta. Tugu ini sendiri memiliki nilai simbolis dan merupakan sesuatu yang dianggap bersifat magis dimana menghubungkan laut selatan, kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi bila di tarik garis lurus.

Saat ini tugu Jogja ini sendiri menjadi salah satu objek wisata  di kota tersebut, terutama di malam hari, banyak keluarga atau bahkan anak muda yang berkumpul di sana, bahkan sekedar untuk mengambil photo dengan background tugu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *